Fargo, Merek Truk Yang Indah, Sayang Kurang Menggema

Fargo, Merek Truk Yang Indah, Sayang Kurang Menggema
Posisi Fargo dan Dodge ,seperti halnya Chevrolet dan GMC, namun gaungnya tak terlalu terdengar
 

Mungkin tak banyak yang mengenal merek truk Fargo dan lebih mengenal nama Dodge sebagai pembuat pikap dan truk. Brand ini pun dikenal cukup identik dengan produk Dodge, lantaran memang satu payung di bawah naungan Chrysler Group. 

Awalnya Fargo Motor Car Company, merupakan pabrikan independen asal Chicago yang beroperasi dari 1913, namun harus ambruk pada 1922. Kemudian Chrysler Group pun menghidupkan kembali pada 1928 dan diposisikan untuk menjual kendaraan truk ringan hingga berat. Diposisikan sebagai rival GMC yang hanya fokus pada segmen yang sama.

Namun nampaknya nasib Fargo tak seperti GMC yang bisa akur dan harmonis dengan 'saudara'nya Chevrolet. Efeknya, Fargo tidak bisa memberikan kontribusi di pasar yang cukup baik dan babak belur penjualannya terimbas masa depresi Amerika pada akhir 20-an.

Chrysler tidak serta merta kemudian memangkasnya, namun mengubah strategi yang kemudian menempatkan Fargo sebagai produk ekspor. Merek inipun dihapus dari peta dealer Chrysler pada awal 30-an.

Selanjutnya, kiprah Fargo diteruskan di Kanada, Turki dan India, di mana masing-masing di antaranya kemudian berkembang jadi pusat perakitan Fargo.

Produk Fargo Canada ini kemudian diekspor ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Jadi tidak heran jika kemudian merek Fargo dan Dodge seolah bentrok di luar Amerika Serikat, termasuk Kanada.

Walau demikian, nama Fargo bertahan di Kanada hingga 1972 dan Chrysler pun kemudian resmi memangkas nama ini pada 1976, bertepatan dengan keluarnya Chrysler dari bisnis truk menengah dan berat.

Di belahan bumi lain, tepatnya di Turki, jantung Fargo justru masih berdenyut. Joint venture di Turki menghasilkan Chrysler Kamyon Montaj yang juga dikenal sebagai Askam 1964, yang menjajakan produknya dengan nama kendaraan komersial berlabel Fargo, Dodge dan DeSoto.

Chrysler melepas kepemilikan Askam dan menjualnya pada mitra lokal dan masih menggunakan nama Fargo sebagai model kendaraan. Kiprah Askam pun paripurna di 2015 yang menjadi akhir kiprah nama Fargo di dunia.

Mungkin banyak yang mengira bahwa nama Fargo diambil dari Far (jauh) dan Go (pergi). Nama yang cukup berbau petualangan dan terasa 'indah' dibandingkan nama Dodge yang terkesan sedikit urakan. Jika ada yang mengira demikian, nampak harus kecewa lantaran nama ini diambil dari nama daerah di North Dakota, Amerika Serikat.