Mengintip Peluang ala Toyota, Ubah Innova Jadi Ambulans

Mengintip Peluang ala Toyota, Ubah Innova Jadi Ambulans
Innova lebih murah dan mudah dalam pengadaan dibandingkan Hiace
 

Toyota berperan aktif menyalurkan berbagai bantuan selama pandemi Covid-19 alias virus Corona di Indonesia. Bersama rekanan rantai pasok, dealer, dan afiliasinya, pabrikan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan distributor PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menyalurkan bantuan ke berbagai penjuru salah satunya adalah bantuan ambulans.

Lima unit Innova yang disulap jadi ambulan menjadi gelontoran bantuan paling mutahir saat ini dari Toyota di Indonesia. Kelimanya telah disalurkan ke rumah sakit yang membutuhkan.

Dijelaskan oleh Direktur pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, unit Toyota Innova menjadi alternatif yang mereka tawarkan sebagai moda ambulans untuk menyiasati permintaan HiAce yang cukup besar di tengah masa pandemi Covid-19. "Informasi pemesanan HiAce yang sampai ke kami hingga ratusan unit yang datang dari perusahaan maupun instansi pemerintah," terang Anton.

Toyota Innova yang disulap menjadi ambulans ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang lebih menguntungkan, mengingat HiAce merupakan unit yang harus diimpor secara utuh, sehingga pemenuhannya sulit dilakukan, apalagi dalam jumlah besar.

"Jadi sebenarnya dari keterbatasan impor, pasokan supply chain, dan kondisi lain-lain, kami menginformasikan dan menawarkan Innova ambulans kepada pemerintah, instansi rumah sakit, dan perusahaan-perusahaan," ujarnya.

Dari sisi harga, Innova ambulan memberikan pilihan yang lebih ekonomis. Sebagai bandingan, sebuah HiAce harga unitnya Rp 500 juta, sedangkan Innova paling murah di sekitar Rp 300 jutaan. “Tetap lebih ekonomis saat dilengkapi dengan peralatan ambulans,” imbuhnya.

Unit Innova sumbangan ke PMI jadi bukti kemampuan sebuah Innova saat beradaptasi menjadi sebuah ambulans. Di mana di dalam kabinnya sudah dilengkapi dengan tandu dengan mekanisme keluar-masuk yang mudah dioperasikan, fixed oxygen system, tempat menggantung infus, laci menyimpan berbagai alat kesehatan, tempat cuci tangan,

Anton menambahkan dengan dimensi yang lebih kompak dibanding Hiace, unit Toyota Innova ambulans juga memudahkan tenaga medis di lokasi pedalaman, pinggiran kota, ataupun pedesaan.