Memodifikasi Campervan, Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini

Memodifikasi Campervan, Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini
Hal ini berpengaruh pada keamanan mobil, khususnya dari bahaya kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik.
 

Saat ini, banyak cara dilakukan agar perjalanan jarak jauh menjadi menyenangkan. Salah satu yang trend di Indonesia adalah memodifikasi mobil menjadi campervan. Meski demikian, ada hal yang perlu diperhatikan. Seperti apa?

Dijelaskan oleh Achmad Wildan, Investigator Senior dari KNKT, salah satu yang perlu diperhatikan saat membangun campervan adalah memahami perkabelannya.

"Kenali wiringnya (perkabelannya). Jangan lupa minta manual dari karoserinya," wanti Wildan beberapa waktu lalu.

Menurutnya hal ini berpengaruh pada keamanan mobil, khususnya dari bahaya kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik.

"Banyak yang main beli kendaraan tapi tidak minta manual kelistrikannya. Sehingga, mekaniknya main betul-betulin saja. Ini yang bikin sering terjadi kebakaran," urainya.

Karena kata Wildan, tak sedikit salah kaprah saat pemilihan kabel terjadi. "Yang bagus sering disebut sebagai mahal. Padahal yang benar, pilih yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhannya."
Seperti dengan memperhatikan besarnya arus yang akan digunakan. Atau lokasi kabel di tempat yang panas atau tidak. Jika sistem wiring ini bisa dikenali dan dipasang dengan baik, maka dapat mencegah adanya kebakaran.