FIAT E-Ulysse, Van Elektrik Untuk Shuttle VIP

FIAT E-Ulysse, Van Elektrik Untuk Shuttle VIP
Diperkenalkan tahun lalu, Fiat menyasar konsumen yang menggunakannya sebagai kendaraan shuttle VIP yang nyaman dan mewah.
 

FIAT (Fabbrica Italiana Automobilli Torino), perusahaan otomotif asal Italia, sudah membuat beberapa kendaraan listrik untuk dipasarkan di Eropa. Salah satunya van e-Ulysse, yang dirancang sebagai van menengah yang nyaman.

Versi listrik ini, mengikuti Ulysse standar dan menampilkan gaya apik dengan pelek 17 inci. Ada pilihan varian standar (4.956 mm) dan yang lebih panjang (5.306 mm). Berbicara tentang pilihan yang ada, model ini dapat dilengkapi dengan lampu depan xenon, power sliding door dan liftgate otomatis.

Dilansir dari Carscoops, interiornya agak polos, tetapi E-Ulysse dapat menampung hingga delapan orang dan mengangkut kargo hingga 4.900 liter. Model ini juga dilengkapi dengan sistem climete control tiga zona dan sistem infotainment 7 inci.

Varian Lounge tujuh penumpang, disebut sebagai 'ruang tamu di atas roda' dan memiliki lima kursi belakang serta meja yang dapat digunakan. Juga ada sunroof kaca panoramic besar serta kursi depan berlapis kulit berpemanas dengan fungsi pijat.

 

Cukup menarik adalah fasilitas pembersih udara dan kursi belakang yang dipasang di rel yang dapat dengan mudah dipindahkan, dibaringkan atau bahkan dilepas.

Sistem bantuan pengemudi, juga cukup berderet, seperti pengereman darurat otomatis, peringatan tabrakan ke depan, peringatan pindah jalur dan peringatan blind spot di samping. Ada juga kamera spion dan teknologi pengenalan rambu lalu lintas.

E-Ulysse hadir standar dengan paket baterai 50 kWh, yang dapat membawa van tersebut hingga 230 km. Bisa ditingkatkan ke paket baterai 75 kWh jika ingin daya jelajah hingga 330 km.

Baterai tersebut menggerakkan motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 136 PS dan torsi 260 Nm. Dari angka itu, tentunya dapat diperkirakan van ini bukanlah pelari yang unggul. Saat berakselerasi dari diam hingga 100 kpj, ia membutuhkan waktu 13,5 detik, sementara kecepatan tertinggi hanya 130 kpj.

Tetapi di lain sisi, E-Ulysse memiliki keunggulan dalam hal pengisian cepat 100 kW dan saat menggunakan baterai yang kecil (50kWh) dapat terisi 80% hanya dalam waktu 30 menit.

Fiat E-Ulysse akan dirakit di Hordain, Prancis bersama dengan berbagai van lainnya termasuk Citroën Jumpy, Peugeot Expert, dan Opel/Vauxhall Vivaro. Untuk pasar Eropa, pesanan sudah dibuka bulan ini dan pengiriman dijadwalkan Mei mendatang.