Duh, Livery Bus Indonesia Dicontek Lagi di Luar Negeri

Duh, Livery Bus Indonesia Dicontek Lagi di Luar Negeri
Tak jarang, livery bus asal Indonesia dicontek oleh armada bus asal negara lain. Paling sering mencontek adalah bus-bus dari Bangladesh.
 

Penggemar bus di Indonesia kerap membagikan foto-foto ke dunia maya. Hal ini berefek pada dikenalnya tampilan bus tanah air oleh pecinta bus secara global.

Tak jarang, livery bus asal Indonesia dicontek oleh armada bus asal negara lain. Paling sering menyontek adalah bus-bus dari Bangladesh. Kali ini PO Haryanto dan PO New Shantika yang dicontek.

 

Livery bus PO Haryanto ditiru oleh armada bus BHA. Grafis dan warnanya mirip dengan bus Haryanto nomor 059 yang berjuluk Capolista.

BHA menghadirkan livery ini pada bus mereka yang bersasis Mercedes-Benz OF917. Padahal versi Haryanto memakai sasis Hino RK260. Uniknya di Bangladesh livery ini sebelumnya juga sudah dipakai oleh perusahaan Papiya Transport.

Selanjutnya ada livery PO New Shantika yang ditiru perusahaan Star Line juga asal Bangladesh. Warnanya merah marun dengan grafis bintang di bagian atas ban depan dan belakangnya.

Secara tampilan ini persis dengan bus New Shantika Seri 9 rute Tangerang-Jepara. Bodi bus yang dipakai oleh New Shantika untuk bus tersebut adalah Jetbus 3 dari Adi Putro.

Sedangkan bodi yang dipakai oleh Star Line juga menyasar desain bus Indonesia, yakni Legacy SR-2 dari karoseri Laksana, Ungaran. Tentu ini versi tiruannya di Bangladesh.